Kapan Anda Harus Menggunakan Jasa Digital Agency?

gambar digital agency indonesia
Pertanyaan ini sebetulnya terlontarkan oleh salah seorang peserta seminar saat kami menghadiri sebuah seminar di Jakarta beberapa hari yang lalu. "Kapan yah perusahaan kami semestinya melemparkan pekerjaan ini kepada Digital Agency?". Pertanyaan ini terlontar saat pembicara membahas facebook marketing strategies.

Ketika Digital Marketing Menghampiri


Dunia IT terus berkembang, bahkan bidang IT-lah yang perkembangannya paling pesat selama ini. Teknologi memengaruhi banyak hal termasuk cara kita dalam marketing era ini. Dengan adanya era digital, semua jadi serba terbuka, bahkan kompetitor bisa dengan cepat cloning bisnis kita. Oleh karenanya, semakin kita tidak kreatif semakin sulit kita memenangkan kompetisi.

Pertanyaan di atas mungkin saja jadi pertanyaan serupa, dan kami di sini akan mencoba menyampaikan beberapa jawaban, sebagian kami pun sepakat dengan jawaban sang pembicara saat itu, yakni saat perusahaan sudah tak mampu memiliki waktu dan sudah memiliki cukup biaya.

Kapan Menggunakan Digital Agency?


Tambahan dari kami ihwal kapan kita harus menggunakan jasa Digital Agency, berikut kami sampaikan beberapa poin-poin yang bisa Anda jadikan catatan khusus.

Saat Waktu Khusus Sudah Tak Memungkinkan
Waktu khusus yang kami maksud diantaranya, waktu untuk sebuah tim dari perusahaan Anda sudah tidak lagi memungkinkan meneliti, memonitoring, hingga mengevaluasi. Pekerjaan digital marketing memang membutuhkan tiga proses atau tiga elemen utama tersebut. Tidak cukup waktu untuk riset, biaya bisa membengkak dan metode yang ditempuh saat eksekusi pun bisa salah hingga akhirnya target pun tak tercapai sama sekali.

Selanjutnya apabila tidak cukup waktu untuk memonitoring dapat berdampak buruk pada telatnya pengambilan keputusan selanjutnya yakni melanjutkan teknik A atau harus segera ganti ke teknik B, penting untuk Anda terus pantau agar biaya dan waktu pun tidak terbuang.

Terakhir, tidak cukup waktu untuk mengevaluasi dapat berdampak buruk pada langkah selanjutnya untuk memilih metode atau strategi selanjutnya.

Ketika Tak Ada yang Mampu Melakukannya
Anda bisa saja membentuk tim untuk melakukan pekerjaan tersebut, dengan memberikannya pembekalan-pembekalan khusus seperti mengikuti sebuah training, dll. Namun, saat itu tidak memungkinkan Anda lakukan maka barulah Anda memilih jasa Digital Agency sebegai solusinya.

Ya, hanya dua hal di atas, cukup dengan bertolak dari dua hal di atas, saat keduanya benar-benar tidak ada, yakni skill dan waktu khusus.

Solusi Tanpa Digital Agency


Karena sekalipun skill mumpuni untuk bisa dikerjakan sendiri tapi waktu justru tidak cukup, maka saat itulah Anda harus menjadwalkan waktu khusus untuk fokus ke sana. Tanpa waktu khusus rasanya amat sulit untuk memetik hasil maksimal.

Jika sebaliknya, yakni waktu Anda sangat memungkinkan namun skill belum memadai, maka Anda bisa menghadirkan konsultan atau trainer untuk melatih Anda atau tim dari perusahaan Anda. Hal tersebut dibutuhkan guna strategi yang ditempuh cukup akurat dan Anda bisa melakukannya dengan baik dan benar.

Saran Kami Tentang Penggunaan Digital Agency


Perhitungkan biaya, waktu, dan efektifitas dari semuanya. Jika pekerjaan ini dikerjakan sendiri memungkinkan untuk Anda bisa 100% mengetahui medan pada niche produk bisnis Anda. Selain itu Anda dengan jelas dapat mengetahui 100% apa yang paling dibutuhkan perusahaan. Bandingkan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan jika dikerjakan sendiri, seberapa efektif jika dikerjakan sendiri, dan seberapa lama waktu yang dibutuhkannya. Terakhir, bandingkan jika menggunakan jasa dari perusahaan Digital Agency yang Anda pilih. 

Para profesional yang bekerja untuk sebuah perusahaan Digital Agency biasanya sudah lengkap, skill mereka pun mungkin saja sudah teruji karena luasnya pengalaman dalam bidang tersebut. Kesimpulannya, lihatlah kembali RAB Anda untuk project Digital Marketing ini, kalkulasikan secara matang, bandingkan keduanya, pilihlah yang menurut Anda paling banyak diperoleh benefitnya. Dari sanalah Anda dapat mengambil keputusan apakah dikerjakan sendiri atau melemparkan pekerjaan tersebut ke perusahaan digital agency pilihan Anda.


Salam,
Tim Bogor SEO

Image credit by: DigitalTrafficSquad @flickr.com

1 komentar:

  1. okay terima kasih informasi penggunaan digital agency dan bagaimana cara yang benar untuk penggunaan digital agency ini.

    BalasHapus