Strategi Merancang Rencana Bisnis dan Pemasaran Online

Gambar Business Plan
BogorSEO.blogspot.com ~ Ketika kita tidak memersiapkan rencana yang matang ketika hendak memulai bisnis, berarti kita berhasil memersiapkan kegagalan tercepat. Inipula yang harus kita implementasikan ketika akan mulai memasarkan produk melalui media online. Perencanaan yang baik, akan membantu mempercepat proses pencapaian target. 

Sebelum kami membahas lebih detail ihwal apa yang akan kita persiapkan untuk pemasaran online, kami akan membahas dasar dari segala dasar memulai bisnis dan perencanaan bisnis itu sendiri sebelum memasuki hal-hal yang lebih detail seperti strategi pemasaran, tools yang akan digunakan, skill yang dibutuhkan, dan lainnya.

3 Pertanyaan Fundamental Dalam Membangun Bisnis

  1. Siapa target market bisnis kita?
  2. Siapa saja kompetitor kita dan apa yang mereka lakukan? 
  3. Apa nilai tambah bisnis kita? 
Semakin kita mengetahui sedetail mungkin tentang masing-masing 3 pertanyaan fundamental di atas, kita akan semakin mudah merancang masterplan dari bisnis yang akan kita jalankan, termasuk menyusun strategi pemasaran online untuk produk kita tersebut.Untuk mengetahui jawaban nomor satu, semestinya kita mengetahui betul hal tersebut, mengenal betul siapa target konsumen produk dari bisnis kita ini. Kemudian dilanjutkan dengan melihat tingkat persaingan dan meneliti strategi yang dilakukan kompetitor (apakah kita perlu melakukan edukasi pasar lagi atau tidak), hingga pada akhirnya bisa membuat nilai lebih yang bisa kita tambahkan pada produk bisnis kita nanti.

Untuk membuat nilai tambah, kita bisa membuat kembali 3 pertanyaan fundamental untuk sebuah produk bisnis Anda, sebagai berikut:

3 Pertanyaan Fundamental Produk Bisnis Anda

  1. Apa yang membuat orang membeli? 
  2. Apa yang membuat orang tidak membeli? 
  3. Apa yang membuat orang membeli, kemudian lagi, lagi, dan lagi?

Pada intinya, semua orang menginginkan nilai/value/manfaat, mereka ingin mendapat manfaat dari produk kita, mereka menginginkan solusi, dan mereka ingin memenuhi kebutuhan. Kemudian, mereka ingin mendapatkannya lebih. Semua itu adalah hal yang amat sangat wajar dan penomena ini mesti kita sadari sebagai pelaku bisnis. Memahami keadaan yang amat wajar ini, tentu akan sangat membantu kita dalam cara menawarkan produk kepada mereka yang kita bidik. Salah dalam tahap ini, dapat membuat kita akan sedikit kesulitan dalam merancangnya.

Untuk mengetahui nilai tambah dan strategi membuat nilai tambah, kita bisa membuat pertanyaan sekaligus menjawabnya seperti berikut:
  1. Apa yang membedakan produk saya dengan yang lain? 
  2. Apa yang membuat pelanggan akan mau merekomendasikan produk saya kepada orang lain? 
  3. Apa yang tidak dimiliki kompetitor dengan produk yang sama?
Melakukan ini diawal akan mempermudah Anda dalam menggambarkan langkah apa yang akan Anda tempuh. Termasuk ketika Anda merancang strategi pemasaran online seperti apa yang akan Anda terapkan kelak untuk produk bisnis Anda.

Jangan Lewatkan!

Postingan selanjutnya akan membahas bagaimana menulis rencana usaha, bagaimana memulai bisnis, menyusun strategi pemasaran online yang terukur dan tertarget. Supaya tidak terlewatkan artikel-artikel menarik selanjutnya, seputar bisnis, online marketing strategy, blogging, SEO, social media, dll silahkan berlangganan. Artikel akan langsung terkirim ke email Anda sesaat setelah update! Silahkan menuju laman berlangganan.


Tim BogorSEO
Internet Business Consultant and SEO Expert

0 komentar:

Poskan Komentar